PELATIHAN KOMPETENSI GURU

Dalam rangka meningkatan kompetensi guru, SMP Karya Budi Putussibau melaksanakan program pelatihan guru berupa kegiatan In House Traning (IHT). Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu tanggal 21-22 Januari 2020. Sekolah mendatangkan seorang nara sumber yang bernama Bapak Nobertus Priadi, M.Pd. Peserta kegiatan ini terdiri atas guru SMP Karya Budi dan guru SD Karya Budi Putussibau.
Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu Bapak Petrus Kusnadi, S.Sos, M.Si. Dalam sambutannya beliau menekankan tugas pokok guru sebagai pengajar dan pendidik sekaligus sebagai pembibimbing harus selalu membaharui diri sesuai dengan kemajuan zaman. Di abad 21 ini, guru harus memiliki kreativitas tinggi dalam menangani kelas. Hadir juga dalam kegiatan ini bapak Antonius Jimmi, S. Pd selaku pengawas Dikdas, Ibu Sri Siti Haslindar, S.Pd, M. Si selaku Kabid Dikdas Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu.

Melalui kegiatan ini ada beberapa kompetensi yang ingin dicapai. kompetensi itu antara lain:

  1. memiliki pola pikir baru sesuai dengan pola pikir abad 21 yang mencakup memiliki kreativitas, komunikatif, kolaboratif, dan berpikir kritis
  2. memiliki kecakapan untuk meyesuaikan proses pembelajaran dalam konteks revolusi industri 4.0
  3. memiliki kemampuan menerapkan model pembelajaran dan penilaian High order thinking skill (HOTS)
  4. Mengolah kelas berdasarkan RPP berkarakter

Semoga kegiatan ini membawa dampak positif bagi kemajuan dunia pendidikan di SMP karya Budi Putussibau berupa kulaitas layanan pendidikan yang bermutu. (Mon-Chy/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *