KADIS DISDIKBUD KH HADIRI PANGGUNG APRESIASI SENIMAN RUDIENG

Bertempat di sekolah Adat Dayak Kantu ‘ Tua’ Sangau Desa Sungai Uluk , Kecamatan Putussibau selatan Sabtu 16 Oktober 2021 digelar acara Panggung Apresiasi Kepada Komunitas Perempuan Seniman Rudieng dan Pelestarian Musik Rudieng Kantu’  Kepada Generasi Muda. Kegiatan tersebut  merupakan kerjasama Yayasan Merangat dengan Direktorat Jenderal kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Program Fasilitasi Bidang kebudayan (FBK)2021.

Kegiatan tersebut berlangsung dari  tanggal 01-20 Oktober 2021 yang mencakup Sosialisasi Program FBK 2021, Workshop Musik Rudieng, Pelatihan membuat alat musik Rudieng, dan Pelatihan memainkan alat musik Rudieng.

Kadis Disdikbud KH Petrus Kusnadi.,S.Sos, M.Si  dalam Sambutannya mewakili Bupati, memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada yayasan Merangat yang dengan upaya dan kerja keras berperan besar dalam pelestarian adat dan budaya , sehingga banyak kaum muda  tertarik untuk ikut serta mempelajari  tradisi dan budaya leluhur di Sekolah Adat tersebut. Terutama juga kepada  orang tua yang telah dengan semangat yang tinggi untuk membagikan pengetahuan tradisi kepada kaum muda.

Kadis juga mengingatkan kepada kaum muda  untuk  memanfaatkan perkembangan teknologi sebagai sarana promosi budaya kepada dunia luar, dan juga kepada masyarakat untuk memberikan informasi  apabila ada situs atau warisan tak benda kepada pemerintah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Disdikbud KH  Margaretha Tutu, SH, dan kasi Pelestarian Kesenian dan tradisi Oktavia Lenny Kalambuwe, S.Pd.SD d.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *